Lompat ke konten

UKM PRAMUKA

UKM Pramuka UST menjadi salah satu unit kegiatan mahasiswa di tingkat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. UKM Pramuka UST terdiri dari satuan terpisah yaitu Racana Diponegoro dan Racana Kartini dengan nomor Gugusdepan 13-073 dan 13-074.
UKM Pramuka merupakan sebuah organisasi kepemudaan dan kepanduan bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam kepramukaan mencakup bidang-bidang pendidikan dan pelatihan kepramukaan, kewirausahaan, penguatan keilmuan bidang kepramukaan dan penguatan SDM. Posisi Pramuka kampus juga sangat strategis bagi pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di Tanah Air, melalui daya nalar dan kemampuan intelektualnya dapat melahirkan berbagai karya inovasi yang dibutuhkan masyarakat di zaman now. Peran strategi Pramuka kampus sesuai misi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Misi itu sesuai pula dengan konsep tribina dalam pendidikan kepramukaan, yakni bina diri yakni meningkatkan skill, bina satuan yaitu mengelola kader satuan Pramuka, dan bina masyarakat adalah berbhakti kepada masyarakat.
Di UKM Pramuka terdapat 5 Sekbid atau seksi bidang di antara nya adalah:
1. Sekbid kegiatan
Sekbid ini bertugas melaksanakan atau mengaplikasikan kegiatan internal maupun eksternal yang telah di rancang bersama dalam komisi B MUSPAN atau musyawarah pandega.
2. Sekbid Humas
Sekbid ini bertugas menyampaikan segala informasi baik dari internal atau eksternal UKM Pramuka, sekbid ini juga bertugas membuat pamflet atau konten- konten di instragam baik proker dari humas sendiri atau kolaborasi antar sekbid.
3. Sekbid Kerumahtanggaan
Sekbid ini bertugas mengatur serta mencatat inventaris keluar masuk barang- barang sanggar, sewa perlatan pramuka dan juga piket sanggar anggota pramuka.
4. Sekbid Kaderisasi
Sekbid ini bertugas tentang pengkaderan anggota baru mulai dari tamu Racana hingga resmi di lantik menjadi anggota UKM Pramuka, data seluruh anggota Pramuka, pandega dan calon pandega serta promosi UKM Pramuka.
5. Sekbid Kewirausahaan
Sekbid ini bertugas atau bertangggung jawab tentang dana usaha yang ada di Pramuka dengan berjualan pulsa, hampers, buket bunga atau snack.

Dokumentasi Kegiatan UKM Pramuka