Lompat ke konten

UKM SANGGAR PAMONG

DESKRIPSI LEMBAGA
Dimulai dari tahun 2012 dengan munculnya Seniman Muda Tamansiswa sebagai akun media sosial yang mempublikasikan agenda kesenian UST dan Tamansiswa, tetapi setelah itu mendapat respon dari beberapa mahasiswa untuk menjadi sebuah ruang komunitas kesenian dengan nama Forum Kesenian Mahasiswa (FKM) Tamansiswa, pada waktu itu berjumlah 5 orang anggota dengan kegiatan pertama bermain Angklung di halaman kampus FKIP UST. Semenjak itu, menginisiasi dijadikan UKM agar legalitas formalnya jelas dan ruangnya semakin luas lingkup Universitas, 2 tahun terus berkegiatan sebagai syarat berdirinya UKM dari Warek III. Pada tanggal 1 April 2014, terbentuklah UKM Sanggar Pamong UST Yogyakarta dan disahkan menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas (UKMU) pada 25 Maret 2015 melalui SK No: 59/UST/Kep/Rek/III/2015.

Organisasi ini Berkedudukan di bawah naungan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. UKM Sanggar Pamong memiliki 4 bidang rumpun yang terdiri sebagai berikut:

1. Rumpun Angklung

2. Rumpun Musik Etnik

3. Rumpun Teater

4. Rumpun Tari

Lambang  UKM Sanggar Pamong berbentuk lingkaran dengan garis lingkaran berwarna kuning, terdapat gambar Pena Bersayap berwarna putih hitam, dan buku yang terbuka disertai pola ukir di ujungnya berwarna kuning. Dibawah lambang pena bersayap dan buku terbuka dengan ujung berukir terdapat tulisan Sanggar Pamong berwarna putih, lalu di bawahnya terdapat tulisan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Bendera warna dasar merah. Logo UKM Sanggar Pamong di tengah-tengah bendera melambangkan identitas UKM Sanggar Pamong.

VISI-MISI LEMBAGA

Visi

1. Menjadikan wadah untuk pengembangan bakat mahasiswa UST.

2. Mengembangkan SDM yang berkualitas dengan berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, Panca Dharma Tamansiswa dan asas kekeluargaan demi terwujud nya karya kesenian yang dapat memberi manfaat bagi mahasiswa maupun masyarakat sekitarnya.

Misi

1. Meningkatkan kualitas SDM UKM Sanggar Sanggar Pamong.

2. Memperkuat hubungan kekeluargaan antar internal dan eksternal UKM Sanggar Pamong.

3. Mengembangkan bakat dan kemampuan talent di UKM Sanggar Pamong sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

DOKUMENTASI KEGIATAN